Rabu, 15 Desember 2010

63 Kasus Pemasaran Terkini Indonesia

Di era explosion of choice ini, perang merebut hati pelanggan tidak lagi dilakukan di lapangan, tetapi justru di benak pelanggan. Hal ini berangkat dari asumsi apa yang dipersepsikan oleh pelanggan tentang produk, merek atau perusahaan akan mempengaruhi keputusannya di saat menetapkan pilihan membeli sebuah produk. Artinya, sebaik apa pun sebuah produk dipersepsi oleh produsennya, tetapi jika konsumen memiliki persepsi negatif, maka produk tersebut kemungkinan besar ditolak oleh pasar.

Oleh karena itu, di era ini berbagai perusahaan memfokuskan diri merancang strategi-strategi agar merek atau produknya mampu menempati benak pelanggan. Langkah ini, di kalangan marketer, disebut Positioning.Menurut Kotler, positioning adalah segala upaya untuk mendesain produk dan merek agar dapat menempati sebuah posisi yang unik di benak pelanggan. Hasil akhir positioning ialah proposisi nilai yang pas, yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk membeli.
Melalui Positioning ini, perusahaan ingin membangun Brand Awareness di benak pelanggan. Sebagai manusia, konsumen memiliki 3 unsur di dalam dirinya, yakni kognitif, afektif dan behavior. Kognitif berkenaan denganpikiran ( mengetahui atau tidak; mengenal atau tidak ).  Afektif berhubungan dengan perasaan ( menyukai atau membenci; puas atau kecewa ). Sedangkan behavior berkaitan dengan perilaku. Perilaku yang tampak misalnya membeli, memakai atau membuang.
Langkah penting pertama adalah menciptakan strategi agar merek atau produk perusahaan bisa  dikenal oleh khalayak konsumen sesuai dengan target marketnya. Bukankah ada pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’.
Strategi berikutnya adalah upaya untuk menimbulkan rasa suka atau simpati pada perasaan konsumen. Jika konsumen telah mengenal dan menyukai merek atau produk tertentu, diasumsikan mereka akan membeli danmenggunakan merek atau produk tersebut.
Berangkat dari paradigma di atas, penulis buku ini membedah dan menganalis 190 merek dan 220 tema iklan yang ada dewasa ini. Bagi para marketer, pengusaha, manajer perusahaan, mahasiswa atau siapa pun yang memiliki minat di bidang marketing akan sangat terbantu dengan membaca buku ini. Di dalam buku ini, penulis membeberkan berbagai ‘strategi perang’ antar merek melalui iklan untuk merebut benak dan hati konsumen.
Bagi siapa pun yang terjun di dunia bisnis, pemahaman ini sangat penting. Karena, sekali lagi, perang merebut konsumen tidak lagi dilakukan di pasar, tetapi di benak konsumen.
Sumber My Shvoong

1 komentar:

  1. Asa syarikat pinjaman pinjaman bersedia untuk meminjamkan mana-mana jumlah yang anda perlukan untuk memulakan perniagaan peribadi anda. kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%, jadi Sila memohon pinjaman pertanian pertanian. jika anda memerlukan hubungan pinjaman e-mel kami: asaloantransfer@gmail.com, anda juga boleh menghubungi e-mel ini: finance_institute2015@outlook.com

    Mungkin ada banyak sebab mengapa anda perlu akses kepada beberapa wang tunai tambahan - daripada yang tidak dijangka pembaikan kereta atau rumah untuk membayar untuk perkahwinan anda atau cuti khas. Tetapi apa sahaja yang anda memerlukannya, apabila anda meminjam antara $ 5,000 USD untuk 100,000 USD di atas

    Asa loan lending company are ready to loan you any amount you need to start up your personal business. we give out loan at 3% interest rate, so Kindly apply for agricultural farming loan. if you need loan contact our email:asaloantransfer@gmail.com, you can also contact this email:finance_institute2015@outlook.com. There could be many reasons why you need access to some extra cash – from unexpected car or home repairs to paying for your wedding or a special holiday. But whatever you need it for, when you borrow between $5,000 USD to 100.000 USD above

    BalasHapus