Minggu, 26 Juni 2011

Berani Memulai & Menjalankan Bisnis Internet

Menurut statistik internet, di bulan Juni 2008, sebanyak 1.463.632.361 orang menggunakan internet di seluruh dunia. Jumlah ini terus berkembang pesat seiring dengan pengembangan broadband dan teknologi informasi. Fenomena ini tentu memberi gambaran yang baik untuk mengembangkan bisnis di dunia maya.
Dibandingkan dengan bisnis offline, berbisnis di internet memiliki beberapa keunggulan :
1.      Anda dapat meluncurkan sebuah web bisnis dengan anggaran yang murah.
2.      Dengan website, Anda memiliki toko virtual yang dapat diakses oleh seluruh orang di dunia.
3.      Dengan toko virtual tersebut, Anda bisa menjalankan bisnis Anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu sepanjang tahun.
4.      Cara yang efisien dalam menyasar pasar Anda melalui demografi web.
5.      Transaksi online yang cepat dan efekstif.
6.      Kemampuan untuk tetap berhubungan dengan pelanggan setiap saat.
7.      Terdapat berbagai cara berbiaya relatif murah dalam mengiklankan bisnis Anda.
8.      Potensi yang lebih besar untuk berkembang pesat.
Jika dilihat keuntungan-keuntungan di atas, bisnis online ini sangat memberi peluang bagi pebisnis pemula. Namun, di balik itu, bisnis online ini juga menghadirkan tantangan-tantangan tersendiri. Jika tidak diantisipasi, akan membawa pada kegagalan. Berikut ini aadalah beberapa tantangan yang harus diantisipasi :
1.      Kompetisi yang lebih keras. Bisnis yang sama dengan Anda di negara lain dapat menawarkan harga lebih murah dan kemudahan-kemudahan yang lebih dari bisnis Anda.
2.      Website Anda bisa seperti ‘jarum dalam tumpukan jerami’. Jika Anda tidak memasarkan dan mengiklankannya secara konsisten, Anda mungkin akan hilang di dunia maya karena begitu banyak pemain di bisnis ini.
3.      Meski teknologi telah begitu canggih, namun masih terdapat kemungkinan malfungsi pada peralatan Anda. Mungkin kesalahan pada komputer atau web hosting Anda. Masalah downtime adalah sesuatu yang perlu diantisipasi.
4.      Pelanggan dapat berubah-ubah. Jika kompetitor Anda bisa menawarkan harga,insentif atau layanan yang lebih baik, pelanggan Anda bisa berpindah setiap saat.
5.      Setiap hal cenderung untuk terjadi jauh lebih cepat di jaringan internet dan pelanggan mengharapkan tanggapan yang lebih cepat.Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda dapat bertindak dengan cepat dan memberikan pelayanan dalam waktu yang Anda tetapkan.
6.      Pebisnis yang sukses selalu berada satu atau beberapa langkah di depan kompetitornya. Dunia internet berkembang sangat cepat sehingga pebisnis internet perlu tetap mengikuti jika tidak ingin tetinggal di belakang.
Selain kemampuan melakukan antisipasi atas masalah-masalah di atas, pebisnis yang ingin sukses berkelanjutan harus dapat terus mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan melakukan banyak riset yang dapat mengembangkan wawasannya. Riset yang dirasa cukup penting adalah terhadap para pemenang dan yang kalah di bisnis online ini.
1.      Pelajari mengapa website seperti boo.com dan pets.com menjadi korban gelombang kebangkrutan perusahaan-perusahaan dotcom di akhir 1990-an.
2.      Analisalah mengapa perusahaan seperti Yahoo, eBay, dan Amazon tetap bertahan.
3.      Pikirkanlah mengapa  Skype, My Space, Youtube, Facebook atau Tweeter semakin berjaya, sedangkan yang lainnya tidak.
4.      Perhatikanlah website-website kecil, banyak yang dijalankan individu-individu dari rumah mereka, yang menghasilkan pendapatan yang lebih kecil namun konsisten.
Dengan riset yang sungguh-sungguh, Anda akan memahami bahwa para pemenang adalah :
1.      Mereka yang bekerja keras dan cerdas.
2.      Memiliki strategi bisnis yang jelas.
3.      Memiliki keyakinan yang kuat akan keberhasilan bisnisnya.
4.     Mampu membaca dengan tepat keinginan dan kebutuhan konsumen.
5.      Mampu menetapkan sasaran bisnisnya dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar